Logo Design by FlamingText.com

Selasa, 21 Oktober 2014

Sekilas Pandang Tentang Kelompok Budi Daya Ikan "Nila Amarta"

Kelompok budidaya ikan "Nila Amarta" berdiri didasari oleh rasa keprihatinan dan semangat ingin meningkatkan taraf penghasilan diantara anggotanya. Keprihatinan ini disebabkan karena banyaknya kolam/empang air tawar yang tidak dikelola (terbengkalai), kalau pun dikelola pengelolaanya masih sangat tradisional sehingga hasilnya tidak optimal. Salah satu penyebab adalah kurangnya informasi dan minimnya pengetahuan (SDM) tentang budidaya yang benar. Penyebab yang lain adalah kurangnya dari segi permodalan.

Sadar akan kendala-kendala tersebut kami membentuk satu kelompok pembudidaya ikan yang bernama "Nila Amarta". Kelompok ini mengkhususkan diri pada budi daya ikan air tawar diantaranya ikan nila (Oreochromis niloticus), ikan mas (Cyprinus carpio), ikan gurame (Osphronemus gouramy), ikan lele dumbo (Clarias gariepinus), ikan mujair (Oreochromis mossambicus) dan ikan tawes (Puntius javanicus).

Kelompok ini  tidak saja sebagai wadah untuk saling tukar informasi mengenai teknis dan sistem budidaya ikan air tawar dan pemasarannya, melainkan juga menumbuh kembangkan usaha bersama yang berbasis gotong royong dan kekeluargaan. 

Kelompok ini bersifat terbuka, artinya keanggotaan kelompok tidak dibatasi tempat. Hanya saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh anggota/calon anggota bahwa yang bersangkutan harus memiliki media untuk budidaya ikan air tawar. Media ini bisa berupa empang, kolam, kolam terpal atau sejenisnya.

Pada akhirnya kami mengharapkan sumbangsih baik dalam bentuk saran, bantuan, kerja sama kepada pihak-pihak yang terkait sehingga kelompok kami bisa mensejahterakan anggotanya dan memberikan kontribusi yang optimal kepada bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar